Singapura Patut Menjadi Contoh Negara Kota Padat - Manokwari News
Headlines News :
Home » , » Singapura Patut Menjadi Contoh Negara Kota Padat

Singapura Patut Menjadi Contoh Negara Kota Padat

Written By Manokwari News on Senin, 25 Juni 2012 | 09.03 |

http://static.inilah.com/data/berita/foto/1875884.jpgMANOKWARInews -Singapura bisa menjadi contoh sebagai kota padat namun dapat menjadi hijau di tengah belukar gedung pencakar langit. Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air Vivian Balakrishnan, mengungkapkan kebanggaan tentang kotanya itu Sabtu (23/6) kemarin.

"Meskipun lima juta orang tinggal di pulau yang luasnya hanya 30 km2, namun 47 persen tanah kami ditutupi oleh pepohonan," katanya kepada delegasi di KTT Rio +20 yang baru saja berakhir di kota Brasil Rio de Janeiro, Brasil. "Kita terpaksa harus membangun gedung bertingkat tinggi untuk menyisakan lahan dan melestarikan tanah serta pohon."

Dr Balakrishnan menyimpulkan bahwa kota yang ramah lingkungan akan bisa memiliki daya dukung dalam hal memberikan supalai air serta menekan polusi udara. "Paradoks kota adalah bahwa kepadatan, kelengkapan, keterhubungan, menjadikan kota terpadu justru sebagai cara yang paling berkelanjutan dan hijau di masa depan."

Dua permasalahan inilah yang dikemukakan Dr Balakrishnan pada Konferensi PBB mengenai Pembangunan Bekelanjutan yang berakhir Jumat pekan lalu (22/6). Dr Balakrishnan mewakili Singapura di forum PBB ini. Ia tampil sebagai panelis di forum Habitat PBB mengenai kota-kota masa depan dan kebijakan perkotaan serta menghadiri diskusi mengenai keberlangsungan lingkungan perkotaan di Balai Kota Rio de Janeiro.
Forum 10-hari ini disebut sebagai KTT PBB terbesar mengenai pembangunan berkelanjutan dalam satu dekade, dan bersama delegasi dari 190 negara lainnya bersepakat untuk memberantas kemiskinan dan menjamin masa depan yang berkelanjutan.

KTT Rio, yang terlaksana setelah KTT Bumi di Rio berlangsung 20 tahun silam, seolah menagih janji para pemimpin dunia yang bersepakat ingin hidup dalam batas kemampuan lingkungan.
Dr Balakrishnan mencatat bahwa kendala Singapura juga menawarkan peluang pengelolaan sebuah negara kota. Ukurannya yang kecil, misalnya, tidak hanya membuat lebih mudah dan lebih murah untuk menyediakan layanan seperti air dan pendidikan, tetapi juga terus didorong untuk menjadi lebih hijau.
"Ini bukan lagi soal polusi," katanya. "Kami tidak bisa mencemari halaman belakang rumah kami, karena halaman belakang rumah saya adalah halaman depan rumah tetangga. Kami menyimpan hal-hal yang polutif atau beracun di sebuah sudut, yang tak terlihat,” katanya mengambil amsal, seperti ditulis koran The Straits Times kemarin (24/6).

Dr Balakrishnan juga berbicara tentang bagaimana kurangnya sumber daya telah mendorong Singapura untuk berinovasi dalam pemurnian air dan daur ulang sampah. Tapi dia juga berbagi dalam tantangan di sebuah negara kota, yang harus menangani masalah-masalah sosial seperti integrasi antaretnik, jurang kaya–miskin dan sebagainya.

"Ada cukup banyak hal terjadi di sebuah negara kota, tetapi pada intinya secara politik kita bisa melakukannya dengan benar serta membuat rencana jangka panjang dan desain perkotaan yang inovatif," katanya. Namun ia juga menekankan bahwa Singapura memiliki keadaan yang unik, dan berbagai negara harus menemukan cara mereka sendiri.

Dalam suatu pernyataan pada akhir pertemuan puncak pada hari Jumat, Dr Balakrishnan menyatakan bahwa tidak ada "satu ukuran cocok untuk semua pendekatan" yang bisa dipakai untuk perlindungan terhadap lingkungan global dan pembangunan berkelanjutan.
Pada saat yang sama, dia menekankan perlunya dukungan terhadap tujuan yang ditetapkan di Rio +20. "Untuk mendukung agenda pembangunan global yang berkelanjutan, semua strategi nasional kita harus dikoordinasikan dan didukung oleh rezim pemerintahan yang berpikiran maju dan global yang efektif," katanya. [mdr]
Share this article :

Ditulis Oleh : Manokwari News _ ManokwariNews.Com

Artikel Singapura Patut Menjadi Contoh Negara Kota Padat ini diposting oleh Manokwari News pada hari Senin, 25 Juni 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini, silahkan share jika menurut anda berita ini penting untuk teman-teman jejaring sosial anda. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

2 komentar:

Juragan Bola mengatakan...

manteppppppppp mskipun padata singapura negara kaya

Manokwari News mengatakan...

ia gan harusnya kota2 besar di indonesia .. di perbanyak pohon2 jangan malah pohon besar di tengah kota di tebang allasan keamanan nanti kalo roboh..

_____________________

 
Copyright © 2012. Manokwari News - All Rights Reserved
Proudly powered by Manokwari News
Template Modif by I love Papua