Kenapa Menggunakan Framework PHP Lebih Baik Dari Coding Manual? - Manokwari News
Headlines News :
Home » » Kenapa Menggunakan Framework PHP Lebih Baik Dari Coding Manual?

Kenapa Menggunakan Framework PHP Lebih Baik Dari Coding Manual?

Written By Arndy on Jumat, 29 April 2011 | 03.59 |

Framework php disini adalah software yang dibuat dengan menggunakan PHP, nah software ini akan mempu membuat aplikasi web lain berbasis software framewrok tadi. Jadi semakin stabil, banyak feature dan mudah dikembangkan maka aplikasi web yang digunakan juga semakin bagus dan berkualitas. Dengan menggunakan framework php, kita bisa menghemat banyak waktu, karena semua fungsi-fungsi untuk pembuatan web sudah tersedia dan kita tinggal menggunakannya saja.

Jika ada upgrade versi, kita tinggal mengupdate mesin frameworknya saja tanpa perlu menulis ulang program. Dengan diupgrage, framework menjadi lebih baik, mungkin saja ada fitur baru yang akan membuat aplikasi anda berjalan lebih optimal. Bekerja dengan framework php juga lebih terstruktur karena ada konsep MVC (model, visual, controller) yang membuat aplikasi web bisa dikerjakan banyak orang. Jadi dengan adanya framework php, apa kita ndak perlu belajar web lagi?

Wah salah dunk kalau kayak gitu. Framework php itu didesain dengan sangat rumit, didalammnya full OOP, jadi harus paham terlebih dahulu konsep OOP di php, bisa baca OOP PHP bag 1, Membuat Object pada OOP dan Deklarasi hak akses pada OOP juga Inheritance pada OOP. Nah untuk sampai tahap OOP, harus melalui dulu apa yang disebut dengan pemrograman struktural. Disini masih perlu ikut kuliah pemrograman web, ha ha. Tapi untuk kedepannya, lebih baik fokus dengan framework, jauhkan sedikit ego anda sebagai programmer yang harus pure memakai produk sendiri.

CMS juga menjadi perhatian tersendiri, karena CMS saat ini banyak digunakan karena mudah dan gratis. Nah, jika bisa mengutak-atik CMS, tahu dalemanya maka anda memiliki barang yang sangat bagus dan menarik. Tidak perlu coding dari awal lagi. SEO (search engine optimization) juga harus diperhatikan, karena ini faktor yang penting (kan nggak lucu kalau web anda sudah dirancang sedemikian baik, tapi sepi pengunjung). Ketiganya itu saya tidak mempelajarinya di kampus, dan sekarang saya sudah lulus, sedihnya. Jadi sebagai wejangan (halah.. sok tuwa he he), jika ingin bersaing di dunia web atau perusahaan besar, lebih baik perhatikan ketika elemen penting diatas, karena saat ini saya baru menyadari betapa pentingnya ketiga tersebut.

Nah, framework php yang saya gunakan adalah Codeigniter, karena ini framework pertama yang saya pelajari dan langsung jatuh cinta sama Codeigniter.


Baca Juga :


Share this article :

Ditulis Oleh : Arndy _ ManokwariNews.Com

Artikel Kenapa Menggunakan Framework PHP Lebih Baik Dari Coding Manual? ini diposting oleh Arndy pada hari Jumat, 29 April 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini, silahkan share jika menurut anda berita ini penting untuk teman-teman jejaring sosial anda. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

_____________________

 
Copyright © 2012. Manokwari News - All Rights Reserved
Proudly powered by Manokwari News
Template Modif by I love Papua