Membelah Web Dengan PHP Function - Manokwari News
Headlines News :
Home » » Membelah Web Dengan PHP Function

Membelah Web Dengan PHP Function

Written By Arndy on Jumat, 29 April 2011 | 03.20 |

Rasanya tidak lengkap mempelajari bahasa pemrograman tanpa mempelajari apa yang di sebut dengan function. pengertian dari function sendiri adalah sub program yang terpisah dan dapat digunakan secara berulang-ulang. ini pengertian saya sendiri kok, karena saya biasa menggunakan function, lebih untuk menyederhanakan pembangunan program.

Dalam PHP juga ada function, terus ada tidak procedure nya? perbedaan antara function dan procedure adalah nilai keluaran dan sub program tersebut. Misalkan jika sub program tersebut di lengkapi dengan return maka subprogram tersebut adalah function, karena mengembalikan sebuah nilai, sedangkan jika tidak mengembalikan apa-apa, artinya tidak ada keyword return maka subprogram tersebut adalah procedure. Ini hanya untuk membedakan kok, pekerjaan dilapangan akan berbeda-beda dan menuntut penggunaan yang bervariasi, contohnya adalah mesin blog paling populer sejagad, yaitu wordpress.

kita akan membuat sebuah function sederhana dengan menggunakan function, saya hanya memberikan konsep dasar function saja, nanti bisa dikembangkan sesuai kebutuhan.

function cetak(){

$str="Belajar PHP dengan function";

return $str;

}

?>

Artinya function tersebut akan mengembalikan nilai berupa string. Tidak ada paramater yang disertakan. Contoh diatas adalah function yang paling sederhana. Jika dibuat menjadi procedure cukup dihilangkan keyword return, ganti dengan perintah echo untuk mencetak, maka hal itu bisa disebut dengan procedure. Cara menggunakannya bagaimana ?

cetak();
cetak();
cetak();

Sedangkan function dengan menggunakan parameter adalah sebagai berikut

function tambah($a,$b){
return $a+$b;
}

Untuk menggunakannya bagaimana ? seperti dibawah ini

echo tambah(10,90); // menghasilkan 100
echo tambah(18,50); // menghasilkan 68

Artinya penggunaan function akan menjadi lebih fleksibel, banyak kreasi sehingga aplikasi yang dibuat menjadi lebih mudah dan cepat. Function bisa diartikan sebuah proses, anda bisa menyatukan semua proses-proses dalam sistem website anda dalam sebuah file yang berisi semua function, dan munkin anda bisa membuat framework sendiri. Dalam Wordpress juga seperti itu kok. Jadi jika anda sempat, pelajari function, terlebih anda akan mempelajari OOP.
semoga membantu.

Share this article :

Ditulis Oleh : Arndy _ ManokwariNews.Com

Artikel Membelah Web Dengan PHP Function ini diposting oleh Arndy pada hari Jumat, 29 April 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini, silahkan share jika menurut anda berita ini penting untuk teman-teman jejaring sosial anda. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

_____________________

 
Copyright © 2012. Manokwari News - All Rights Reserved
Proudly powered by Manokwari News
Template Modif by I love Papua