LAGI Kecelakaan Pesawat. Kini Menimpa Pesawat Fokker 27 Milik TNI AU - Manokwari News
Headlines News :
Home » » LAGI Kecelakaan Pesawat. Kini Menimpa Pesawat Fokker 27 Milik TNI AU

LAGI Kecelakaan Pesawat. Kini Menimpa Pesawat Fokker 27 Milik TNI AU

Written By Suharndi Badillah on Kamis, 21 Juni 2012 | 17.20 |

http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2012/06/22/58214/540x270/kronologi-jatuhnya-fokker-27-di-halim-perdanakusuma.jpgKecelakaan yang menimpa pesawat angkut ringan jenis Fokker 27 milik TNI AU menyebabkan 11 orang tewas dan 12 orang luka-luka. Tak hanya itu, jatuhnya pesawat buatan Belanda ini juga menyebabkan 8 rumah dan 1 kendaraan rusak berat.

Pesawat ini dipiloti Mayor Pnb Hery Setiawan dan 6 awak lainnya. Pesawat ini digunakan untuk latihan sebelum jatuh di Kompleks Perumahan Rajawali, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (21/6).

Fokker 27 diketahui take off sekitar pukul 12.10 WIB dengan misi latihan rutin. Rute yang dituju selama penerbangan adalah wilayah udara di sekitar kawasan Lanud Halim Perdanakusuma. Sebelum jatuh, awak pesawat sedang menjalani misi buttom flight yaitu touch and go.

Wakil Kepala Satuan Angkatan Udara, Marsekal Madya Dede Rusamsi mengatakan, pilot Fokker Mayor Hery sempat menyatakan siang itu adalah landing terakhir saat berkomunikasi dengan menara pengawas.

"Misi yang dilaksanakan kronologisnya sedang melaksanakan training buttom dalam rangka melakukan profisiensi penerbang yaitu patron flight dan instrument flight," kata Dede di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (21/6).

Pukul 14.45, tiba-tiba pesawat jatuh dari udara setelah sempat berputar-putar hingga akhirnya menabrak 8 rumah di komplek itu. Saat jatuh, uap bahan bakar yang keluar dari bagian mesin menyebabkan ledakan besar dan menyebabkan beberapa rumah terbakar. Untuk memadamkan api, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana menurunkan 10 unit kendaraan.

Enam dari tujuh awak pesawat tewas di lokasi kejadian. Sementara, Lettu Paulus kritis dan langsung dilarikan ke RSPAU Esnawan Antariksa, namun pukul 18.30 WIB akhirnya menghebuskan nafas terakhir.

Selain awak pesawat, sejumlah warga yang tengah berada dalam rumah turut terkena imbas. Tiga kerabat Mayor Yohannes tewas di lokasi akibat terjepit di badan pesawat,

http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2012/06/22/58258/540x270/korban-tewas-fokker-27-menjadi-11-orang.jpg
sedangkan belasan penduduk lainnya mengalami luka-luka.

Data yang diperoleh dari bagian informasi RS Pusat TNI AU, Jumat (22/6), jumlah korban tewas saat ini bertambah menjadi 11 orang, setelah wanita bernama Onci meninggal dunia Kamis malam.


Berikut daftar nama 11 korban tewas tersebut.

1. Mayor Pnb Heri Setiawan
2. Kapten Agus Supriadi
3. Letda Pnb Ahmad Syahroni
4. Serma Simmulato
5. Serka Wahyudi
6. Sertu Purwo Adianto
7. Brian (6) anak perempuan Mayor Yohanes
8. Melvin (2) keponakan laki-laki Mayor Yohanes
9. Ibu Mayor Yohanes, Martinah
10. Co Pilot Lettu Paulus.
11. Onci.

Sumber : www.merdeka.com
Share this article :

Ditulis Oleh : Suharndi Badillah _ ManokwariNews.Com

Artikel LAGI Kecelakaan Pesawat. Kini Menimpa Pesawat Fokker 27 Milik TNI AU ini diposting oleh Suharndi Badillah pada hari Kamis, 21 Juni 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini, silahkan share jika menurut anda berita ini penting untuk teman-teman jejaring sosial anda. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

_____________________

 
Copyright © 2012. Manokwari News - All Rights Reserved
Proudly powered by Manokwari News
Template Modif by I love Papua