Listrik Prabayar Lebih Transparan dan Memiliki Keuntungan - Manokwari News
Headlines News :
Home » , , » Listrik Prabayar Lebih Transparan dan Memiliki Keuntungan

Listrik Prabayar Lebih Transparan dan Memiliki Keuntungan

Written By Suharndi Badillah on Jumat, 22 Juni 2012 | 06.32 |

Manokwarinews - Dengan adanya program nasional listrik prabayar, saat ini PLN cabang Manokwari sedang melakukan tahapan peralihan meteran pasca prabayar menjadi meteran prabayar atau yang di kenal dengan sebutan listrik prabayar. 

Sayangnya, perihal yang baik ini belum diterima oleh hampir sebagian masyarakat. Masyarakat masih menilai bahwa listrik prabayar adalah barang awam yang dapat merugikan mereka sebagai pelanggan PLN. “Padahal diketahui, bahwa listrik prabayar adalah bersifat transparan dan memiliki keuntungan,” kata Manager PLN Cabang Manokwari, Niko Renyaan, saat ditemui wartawan, di kantornya, Senin (18/6). 

Menurutnya, sampai saat ini masyarakat pelanggan PLN di Manokwari, masih banyak yang menolak kehadiran listrik prabayar, dengan berbagai alasan yang kurang tepat. Meskipun perlahan pihak PLN sudah melakukan berbagai sosialisasi terhadap hal tersebut. Dari 17.000 pelanggan PLN, setidaknya baru mencapai 3.000 pelanggan yang menggunakan listrik prabayar. Itu pun dilakukan melalui pemasangan meteran baru, penambahan daya, ataupun pemasangan listrik kembali atas tunggakan listrik, yang mana meteran dari pelanggan penunggak langsung digantikan dengan meteran prabayar oleh pihak PLN. 

 “Hal inilah yang baru bisa dilakukan oIeh pihak PLN, sedangkan untuk peralihan meteran pasca prabayar ke meteran prabayar masih menemui berbagai kendala,” katanya. Niko mengatakan masyarakat di wilayah ini seharunya bisa mencontoh masyarakat yang berada di Wamena. Bagaimana tidak, 100 persen masyarakat di daerah tersebut sudah beralih dari meteran pasca prabayar ke meteran prabayar. Pemahaman masyarakat daerah itu, disebutnya, cukup bagus. 

100 persen mereka sudah memahami dan mengerti akan listrik prabayar. Mereka juga dijadikan percontohan bagi masyarakat di Jakarta, agar bisa sama-sama menggunakan listrik prabayar. “Mereka saja bisa menggunakan listrik prabayar, mengapa masyarakat di kota ini masih berpikir panjang ?," ujarnya, seraya mengatakan bahwa, listrik prabayar itu memiliki beberapa keuntungan, yakni antara pelanggan dengan pihak PLN dalam hal ini petugas pencatat meteran tidak ada rasa saling curiga, dan menjadi pembelajaran disiplin terhadap masyarakat. 

 "Tidak di pungkiri, petugas pencatat meteran bisa saja bermain sabun untuk mengarang angka meteran yang mereka catat, yang pada akhirnya dapat menimbulkan masalah antara pihak PLN dan pelanggan PLN. Tapi jika menggunakan listrik prabayar, semua kemungkinan itu tidak bisa terjadi," tuturnya. Ia mengakui bila masyarakat menggunakan listrik prabayar, mereka tidak perlu bersusah payah untuk mengantri dalam pembayaran listrik, karena dimana saja, dan kapan saja jika vocher penggunaan listrik telah habis, bisa langsung diisi melalui ATM dan juga loket pembayaran di kantor Pos, yang prosedurnya lebih mudah dan lebih terjangkau. 

Oleh sebab itu, ada baiknya masyarakat di daerah ini bisa menerima baik akan listrik prabayar dan mau beralih ke listrik prabayar. Karena selain memudahkan masyarakat, listrik prabayar juga memiliki sisi edukasi dalam hal pembelajaran kedisiplinan. (mkr/infokom/toeb)

Share this article :

Ditulis Oleh : Suharndi Badillah _ ManokwariNews.Com

Artikel Listrik Prabayar Lebih Transparan dan Memiliki Keuntungan ini diposting oleh Suharndi Badillah pada hari Jumat, 22 Juni 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini, silahkan share jika menurut anda berita ini penting untuk teman-teman jejaring sosial anda. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

_____________________

 
Copyright © 2012. Manokwari News - All Rights Reserved
Proudly powered by Manokwari News
Template Modif by I love Papua