Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan Awal Ramadan - Manokwari News
Headlines News :
Home » , » Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan Awal Ramadan

Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan Awal Ramadan

Written By Suharndi Badillah on Kamis, 19 Juli 2012 | 18.49 |

MANOKWARInews -Ketua Majelis Ulama Indonesia Amidhan mengimbau seluruh umat muslim di Indonesia untuk saling menghargai satu sama lain dalam menyikapi terjadinya perbedaan dalam penentuan awal Ramadan tahun ini.

"Saya mengimbau agar seluruh umat tidak mempertajam perbedaan yang terjadi. Jangan saling klaim bahwa pihak yang satu benar dan yang lain salah. Sebagai umat Muslim harus saling menghargai," kata Amidhan saat dihubungi di Jakarta, Kamis (19/7).

Pemerintah dalam sidang Isbat malam ini memutuskan awal puasa tahun ini jatuh pada Sabtu (21/7). Sedangkan PP Muhammadiyah menetapkan awal Ramadan sehari sebelumnya.

Dia mengatakan perbedaan penentuan awal Ramadan tahun ini tidak bisa dihindari, lantaran perbedaan metode melihat hilal yang dilakukan sejumlah kelompok umat Islam di Indonesia.

"Yang satu memakai metode Hisab, yang lain memakai Rukyat, tetapi lebih banyak yang memakai Rukyat. Keduanya memiliki argumentasinya masing-masing, dan harus dihormati," ujarnya.

Dia meminta seluruh umat Islam Indonesia tidak berputus asa dan terus mengembangkan ilmu pengetahuan untuk dapat mempersatukan perbedaan ke depannya.

"Jadi yang mau puasa besok silakan, yang mau puasa Sabtu juga silakan. Mungkin ada kalanya nanti penentuan awal Ramadan kebetulan sama, tetapi tahun ini kebetulan tersebut rupanya tidak terjadi dan seluruh umat harus tetap harus saling menghormati," tuturnya.

Amidhan mengatakan meskipun terjadi perbedaan penentuan awal Ramadan, namun ada kemungkinan seluruh umat dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama-sama.

Source : http://www.metrotvnews.com
Share this article :

Ditulis Oleh : Suharndi Badillah _ ManokwariNews.Com

Artikel Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan Awal Ramadan ini diposting oleh Suharndi Badillah pada hari Kamis, 19 Juli 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini, silahkan share jika menurut anda berita ini penting untuk teman-teman jejaring sosial anda. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

_____________________

 
Copyright © 2012. Manokwari News - All Rights Reserved
Proudly powered by Manokwari News
Template Modif by I love Papua