Jangan Ke Teminabuan Kalo Tidak Singgah Di Tempat Ini - Manokwari News
Headlines News :
Home » » Jangan Ke Teminabuan Kalo Tidak Singgah Di Tempat Ini

Jangan Ke Teminabuan Kalo Tidak Singgah Di Tempat Ini

Written By Suharndi Badillah on Jumat, 24 November 2017 | 03.39 |

Nama Teminabuan sudah tidak asing lagi bagi kita warga Papua Barat Khususnya bagi warga Kabupaten Sorong Selatan, Ya Sorong Selatan atau biasa kita kenal dengan sebutan SORSEL merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Papua Barat, merupakan Kabupaten Pemekaran yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 26 Tahun 2002 dengan ibukota di Teminabuan dan secara operasional dimulai pada 6 agustus 2003. Pada tahun 2011, Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan terdiri dari 13 Distrik (Distrik Teminabuan, Distrik Wayer, Distrik Konda, Distrik Seremuk, Distrik Saifi, Distrik Fkour, Distrik Sawiat, Distrik Inanwatan, Distrik Matemani, Distrik Kais, Distrik Kokoda, Distrik Kokoda Utara), 120 Kampung dan 2 Kelurahan dan ada 7 kampung persiapan.(sumber: sorongselatankab.go.id) 

seperti dataran rendah pada umumnya kabupaten-kabupaten di papua barat sorong selatan di dominasi oleh hutan bakau (mangrove) dan sagu (metroxylon). Hutan bakau selain sebagai pencegah terjadinya erosi tanah pesisir akibat air laut (abrasi) juga menyediakan tempat hidup yang baik bagi berbagai binatang laut, antara lain ikan, udang, dan kepiting. Binatang-binatang tersebut selama bertahun-tahun telah menjadi mata pencaharian bagi masyarakat pesisir untuk mencari nafkah. 

Di kabupaten Sorong Selatan juga terdapat banyak sungai-sungai besar yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi untuk mengirim logistik ke daerah pedalaman sehingga kebutuhan hidup bagi masyarakat pedalaman yang tidak dapat terjangkau jalan darat dapat di salurkan melalui sungai. Pada beberapa titik, dermaga sungai juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk menjual hasil tangkapan nelayan yang baru kembali dari laut. Kabupaten Sorong Selatan terletak pada ketinggian 0-1.362 m dpl. Ibu kota Kabupaten Sorong Selatan , yaitu Kota Teminabuan terletak pada ketinggian 40 m dpl. di sini saya mensoroti salah satu aliran sungai kecil yang berada di pinggiran kota Teminabuan lebih tepatnya berada di sisi kiri jalan menuju Ibu Kota Sorong Selatan dari kota sorong ya hasil wawancara singkat saya kepada penduduk sekitar namanya "Kali Sembra" denagn artian "Air Biru" ia jika dilihat dari kejernihan airnya sangat jernih bahkan kita dapat melihat bebatuan didasar sungai, hingga saat ini Kali Sembra digunakan sebagai tempat rekreasi bagi warga sekitar dan para wisatawan berikut sedikit cuplikan "Air Biru" Tersebut




Perjalanan ke Teminabuan dapat di tempuh dengan menggunakan mobil dan motor perjalanan kurang lebih 4 (empat) jam akan terbayar dengan keindahan alam Teminabuan. 

semoga bermanfaat dan mari Eksplore Indonesia #Papuaituindah #wonderfulindonedia
Share this article :

Ditulis Oleh : Suharndi Badillah _ ManokwariNews.Com

Artikel Jangan Ke Teminabuan Kalo Tidak Singgah Di Tempat Ini ini diposting oleh Suharndi Badillah pada hari Jumat, 24 November 2017. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini, silahkan share jika menurut anda berita ini penting untuk teman-teman jejaring sosial anda. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

_____________________

 
Copyright © 2012. Manokwari News - All Rights Reserved
Proudly powered by Manokwari News
Template Modif by I love Papua