Muhammadiyah Berencana Tidak Mengikuti Sidang Isbat Tahun Ini - Manokwari News
Headlines News :
Home » » Muhammadiyah Berencana Tidak Mengikuti Sidang Isbat Tahun Ini

Muhammadiyah Berencana Tidak Mengikuti Sidang Isbat Tahun Ini

Written By Manokwari News on Rabu, 27 Juni 2012 | 07.06 |

MANOKWARInews - Berita Dalam Negeri Sebuah keputusan yang sangat Fenomenal karena untuk kali pertamanya Pimpinan Pusat Muhammadiyah tidak akan mengikuti sidang Isbat.

Sidang Isbat merupakan pertemuan antara pemimpin organisasi-organisasi keagamaan (Islam) dalam menentukan awal bulan Ramadhan atau Hari Raya Idul Fitri.

Seperti yang di Lansir VIVAnews Bahwa Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin, menilai Organisasinya tidak perlu ikut sidang isbath yang lebih banyak berisi pikiran-pikiran subyektif pemerintah.

"Kami tidak ikut sidang isbath. Biasanya tidak ada musyawarah dan tidak ada diskusi," kata Din Syamsuddin di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Rabu 27 Juni 2012.

Selain besarnya faktor subyektifitas, Din Syamsuddin juga menuding, pemerintah tidak mengayomi seluruh umat Islam di Indonesia. "Seharusnya pemerintah mengayomi seluruh umatnya yang berbeda pendapat," ujarnya.

Terkait rencana mundurnya Muhammadiyah dalam Sidang Isbat, Din mengaku sudah mengirim surat ke Kemeterian Agama. "Muhammadiyah sejak tahun lalu sudah mengirimkan surat tidak akan ikut sidang isbath," kata Din.

Muhammadiyah sendiri sudah memutuskan hari pertama Ramadhan, awal puasa, diperkirakan jatuh pada tanggal 20 Juli 2012. Diakui Din, lembaganya tak begitu saja menetapkan hari pertama puasa tanpa perhitungan yang jelas. 

"Muhammadiyah tidak bisa menetapkan kapan satu Ramadhan, kapan satu Syawal, bahkan sampai 100 tahun yang akan datang. Karena ilmu falakh, astronomi itu ilmu pasti. Al Quran menyuruh kita untuk pandai berhitung," kata dia.
Share this article :

Ditulis Oleh : Manokwari News _ ManokwariNews.Com

Artikel Muhammadiyah Berencana Tidak Mengikuti Sidang Isbat Tahun Ini ini diposting oleh Manokwari News pada hari Rabu, 27 Juni 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini, silahkan share jika menurut anda berita ini penting untuk teman-teman jejaring sosial anda. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

_____________________

 
Copyright © 2012. Manokwari News - All Rights Reserved
Proudly powered by Manokwari News
Template Modif by I love Papua