Program RHL di Manokwari Tanam 136.000 Pohon - Manokwari News
Headlines News :
Home » , » Program RHL di Manokwari Tanam 136.000 Pohon

Program RHL di Manokwari Tanam 136.000 Pohon

Written By Manokwari News on Senin, 25 Juni 2012 | 05.28 |

MANOKWARInews, Dinas Kehutanan dan Perkebunanan. Kabupaten Manokwari sedang melaksanakan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) di beberapa lokasi. Sebanyak 136.000 bibit pohon yang akan ditanam di lahan seluas 240 hektar, seperti dilakukan di Kampung Guintui Distrik Warmare.

 Kepala Bidang Kehutanan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Manokwari, Juliana Kunu, SH., MH, mengatakan, pekerjaan program rehabilitasi lahan dan hutan ini diserahkan pada masyarakat dan hasilnya pun dinikmati masyarakat sendiri.

Ada beberapa jenis pohon yang ditanam, diantaranya, matoa, kayu kayu besi, nyato, mahoni juga tanaman buah-buahan seperti durian, langsat, rambutan, alpokat dan lainnya. Menurut Juliana, program  RHL Selain dapat  mengatasi lahan kritis juga membantu masyarakat dalam pekerjaan  karena masyarakat yang menanam.

Warga di Masabui berkata "Pelaksanaan RHL ini mereka bisa membeli motor sampai 10 unit. jadi, ini sangat membantu masyarakat," ujarnya dinas kehutanan, Lanjut Juliana Menyediakan Tenaga Pembimbing Untuk Mebngawasi Masyarakat dalam kegiatan penanaman .

" karena menanam dalam kawasan hak ulayat mereka (masyarakat), maka itu menjadi hak masyarakat séndiri bukan pemerintah. Pemerintah hanya memfasilitasi dan masyarakat yang menikmati," tuturnya.

Menurutnya, saat ini harga kayu besi bisa mcncapai Rp3,2 juta/kubik. Dengan penanaman pohon ini, maka bila 10 tahunmendatang sudah tumbuh besar dapat dinikmati masyarakat. Plh. Kepala Seksi Rehabilitasi Hutan Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Manokwari, Yunus W. Krey, S.Hut, menambahkan, program RHL di Kampung Guintui berlangsung sejak tahun 2011 lalu.

Share this article :

Ditulis Oleh : Manokwari News _ ManokwariNews.Com

Artikel Program RHL di Manokwari Tanam 136.000 Pohon ini diposting oleh Manokwari News pada hari Senin, 25 Juni 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini, silahkan share jika menurut anda berita ini penting untuk teman-teman jejaring sosial anda. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

_____________________

 
Copyright © 2012. Manokwari News - All Rights Reserved
Proudly powered by Manokwari News
Template Modif by I love Papua