9 Marga Harus Akui Suku Borai Sebagai Pemilik Pulau Mansinam - Manokwari News
Headlines News :
Home » , » 9 Marga Harus Akui Suku Borai Sebagai Pemilik Pulau Mansinam

9 Marga Harus Akui Suku Borai Sebagai Pemilik Pulau Mansinam

Written By Manokwari News on Rabu, 25 Juli 2012 | 03.42 |

MANOKWARInews -Pulau Mansinam dengan luas 410.97 hektar, terletak di Teluk Doreri sebelah selatan kota Manokwari, Pulau Mansinam juga menyimpan kenangan sejarah awal peradaban di Tanah Papua.

karena pada tanggal 5 Februari 1855, dua misionaris Carel Willem Ottow dan Johann Gottlob Geissler menginjakkan kaki di tanah ini dalam rangka misi pekabaran Injil. 

Peninggalan bersejarah yang merupakan bukti sejarah dan masih terawat hingga saat ini adalah berupa situs gereja tua dan sumur tua, di samping pondasi rumah misionaris, asrama, dan beberapa makam zendeling

Di Pulau Mansinam juga telah dibangun Tugu Peringatan Masuknya Injil di Tanah Papua. Nampak menjadi patokan sebagai catatan untuk menyampaikan hal yang dianggap fakta. Seperti menyikapi persoalan siapa dan suku apa yang terlebih dahulu menempati Pulau Mansinam, sebagai peninggalan situs bersejarah di tanah Papua. 

Anggota Komisi D DPR Provinsi Papua Barat, Albertina Mansim, menjelaskan terkait pembangunan situs mansinam Bahwasannya, kata dia, sebelum pembangunan situs mansinam, seharusnya dibuatkan terlebih dahulu para-para adat guna membahas suku dan marga apa yang sebenarnya memiliki atau dalam sejarahnya terlebih dahulu menempati pulau tersebut. 

Seperti yang di kutip dari Infopublik Senin (23/7/2012), Albertina Mansim, mengungkapkan bahwa, suku Borai dengan marga Mansim merupakan suku yang memiliki Pulau Mansinam tersebut. "9 Marga yang bermukim di Pulau Mansinam, seperti marga Rumsayor, Rumfabe, Rumbekwan, dan rum-rum lainnya, 'harus mengakui bahwa yang mempunyai pulau tersebut adalah suku Borai marga Mansim," ujarnya.  

Perlu disikapi dengan tegas dan seksama, kata Albertina, bahwa harus ada para-para adat untuk diemfasilitasi masyarakat suku yang dimaksud agar dapat  membahas dan membicarakan persoalan yang ada dengan sudut pandang history.  

Sebab, pembangunan situs Mansinam adalah berdasarkan sejarah yang mana dalam lingkup Pulau Minsinam tersebut juga harus berisikan situs sejarah sesuai fakta dan realita.


Source : http://infopublik.org
Share this article :

Ditulis Oleh : Manokwari News _ ManokwariNews.Com

Artikel 9 Marga Harus Akui Suku Borai Sebagai Pemilik Pulau Mansinam ini diposting oleh Manokwari News pada hari Rabu, 25 Juli 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini, silahkan share jika menurut anda berita ini penting untuk teman-teman jejaring sosial anda. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

_____________________

 
Copyright © 2012. Manokwari News - All Rights Reserved
Proudly powered by Manokwari News
Template Modif by I love Papua