Maraknya Penjual, Kita Harus Tetap Waspadai Jajanan Ramadan - Manokwari News
Headlines News :
Home » , , » Maraknya Penjual, Kita Harus Tetap Waspadai Jajanan Ramadan

Maraknya Penjual, Kita Harus Tetap Waspadai Jajanan Ramadan

Written By Manokwari News on Selasa, 24 Juli 2012 | 01.43 |

MANOKWARInews -Saat ini kita telah memasuki bulan puasa Ramadan. Seperti tradisi tahun-tahun sebelumnya, saat sore menjelang berbuka puasa, kita melihat banyaknya pedagang dadakan yang menjajakan berbagai makanan untuk berbuka. Namun apakah jajanan atau makanan yang dijual itu sudah higienis dan bebas dari bahan makanan berbahaya ?

Para pedagang dadakan ini umumnya berjualan di berbagai lokasi, dari pinggir jalan protokol, sekitar kampus, hingga di perkampungan. Begitu juga dagangan yang dijualpun beragam. Dari jenis kolak, es campur, jajanan gorengan, lauk pauk, hingga makanan berat lainnya.

Antusias masyaraat untuk memanfaatkan bulan puasa Ramadan untuk mencari tambahan rezeki tentu saja syah-syah saja. Bahkan kita sudah semestinya mendukung semangat entrepreneurship masyarakat kita yang mampu menangkap adanya peluang dan memanfaatkannya secara nyata. Tentu saja ini akan dapat mendorong tumbuhnya kelas menengah masyarakat kita yang dibutuhkan untuk kemajuan bangsa.

Meskipun demikian, tentu kesehatan masyarakat juga tak kalah pentingnya. Artinya, kebersihan dan higienitas makanan yang dijual saat menjelang berbuka puasa mestinya juga perlu diperhatikan oleh para pedagang.

Apalagi melihat warna-warni berbagai jajanan yang dijual, akan lebih baik bila menggunakan bahan makanan yang tidak mengandung bahan berbahaya. Apalagi beberapa kasus daging sapi glonggongan sempat menghebohkan sejumlah daerah.

Karena itu, tak ada salahnya bila dinas kesehatan maupun pemerintah kota dan kabupaten untuk proaktif dalam mengawasi makanan atau jajanan yang beredar di masyarakat, khususnya yang marak dijual menjelang buka puasa. Sikap proaktif ini penting agar tidak menimbulkan korban jiwa di kemudian hari. 
Natural Terapi
Share this article :

Ditulis Oleh : Manokwari News _ ManokwariNews.Com

Artikel Maraknya Penjual, Kita Harus Tetap Waspadai Jajanan Ramadan ini diposting oleh Manokwari News pada hari Selasa, 24 Juli 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini, silahkan share jika menurut anda berita ini penting untuk teman-teman jejaring sosial anda. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

_____________________

 
Copyright © 2012. Manokwari News - All Rights Reserved
Proudly powered by Manokwari News
Template Modif by I love Papua